Seputar Resep Makanan Dan Minuman Nusantara

RESEP MEMBUAT SUSHI IKAN SALMON

RESEP MEMBUAT SUSHI IKAN SALMONResep Membuat Sushi Ikan Salmon - Sushi  merupakan makanan yang bersal dari negeri sakura( Jepang) yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk (neta) berupa makanan laut, daging, sayuranmentah atau sudah dimasak. Nasi sushi mempunyai rasa masam yang lembut karena dibumbui campuran cuka beras, garam, dan gula. Asal-usul kata sushi adalah kata sifat untuk rasa masam yang ditulis dengan huruf kanji sushi. Resep Cara Membuat Sushi Salmon :

Bahan-bahan yang diperlukan:
  1. Nasi jepang panas 300 gram
  2. Ikan salmon asap 150 gram
  3. Buah alpokat 1/2 kg, ambil dagingnya dan iris panjang
  4. Acar wortel 100 gram, dibentuk seperti korek api
  5. Nori 2 lembar
  6. Mayones 50 ml
  7. Cuka jepang 2 sdm
  8. Tobiko atau telur ikan terbang 2 sdm
  9. Gula pasir 1 sdt
  10. Mirin 1 sdm
  11. Garam 1/2 sdt
Bahan Pelengkap :
  1. Kecap asin secukupnya
  2. Acar jahe
  3. Wasabi secukupnya
Cara Membuat Sushi Salmon :
  1. Langkah pertama campur gula pasir, cuka jepang, garam dan mirim. Aduk agar rata baru dicampur dengan nasi panas/hangat. Aduk lagi agar tercampur rata.
  2. Siapkan alat berbentuk tikar bambu (untuk menggulung) dan diatasnya diberi plastik. Letakan nasi diatasnya dan kemudian nori.
  3. Pada salah satu sisi nasi semprot dengan mayones, susunlah bahan isi yakni acar wortel, salmon asap dan buah alpukat (setengah bagian). Gulunglah adonan tersebut sambil ditekan agar padat.
  4. Bukalah gulungan dan semprotkan kembali mayones diatas sushi dan taburi dengan tobiko. Letakan sisa daging alpukat diatasnya.
  5. Potong sushi dengan ukuran sesuai selera.
  6. Siap disajikan
Biarpun agak sedikit ribet namun asal anda telaten pasti bisa membuatnya. Rasa sushi memang agak asam karena menggunakan cuka, namun itulah ciri khas rasa sushi. Selamat mencoba. Jangan lupa baca Cara Membuat Donat juga ya.
Tag : Asian Food
1 Komentar untuk "RESEP MEMBUAT SUSHI IKAN SALMON"

Thanks sudah berbagi tips dan resepnya! Nanti dicoba di rumah. Kebetulan kemarin baru beli alat-alat keperluan dapur dari Oxone pas banget kalo mau masak masakan enak seperti ini.

Back To Top